Jurnal Visual Kevin

Losing a Family: Refleksi Singkat Atas 2023

Cover Image for Losing a Family: Refleksi Singkat Atas 2023
Kevin
Kevin

Tahun baru, hidup baru–itu ga sih yang sering disebut-sebut sama orang? Ya, ungkapan semacam itu ada benarnya, dan sebelum membuka tahun baru, gue mau sedikit berefleksi-tai-kucing sebentar perihal tahun 2023 ini.

2023 adalah tahun yang dimana ada banyak penolakan, kegagalan, kegembiraan, kehilangan, dan pengalaman baru yang gue dapet. Gue dapet pekerjaan part-time pertama gue di tahun ini. Gue pertama kali bisa nonton musisi favorit gue di tahun ini. Dan gue pertama kali kehilangan sosok penting di hidup gue, juga di tahun ini. Gue ketemu dengan banyak orang dan belajar banyak hal, semua di tahun ini. Gue berterima kasih atas tahun ini, kesempatan ini, dan juga semua orang yang pernah mewarnai tahun ini—semua yang datang, pergi, menemani, mencintai, melukai, meninggalkan, mendengarkan, membenci, maupun melupakan.

Dan di balik gegap gempita yang gue rasain di tahun ini, tahun ini gue belajar banyak soal arti kecewa. Yah, sedikit banyak gue ngerasain kecewa di tahun ini, dan sekaligus cukup sadar bahwa gue juga ngecewain di banyak kasus/hal. Ini bukan hal mudah untuk dipelajari buat seseorang yang seumur hidupnya dibilang selalu kurang dan gak boleh salah karena "Sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tidak percaya". Dan bukan hal mudah untuk seorang people pleaser dan punya banyak "muka" untuk sadar bahwa tidak semua orang bisa dibuat bahagia dan dipenuhi ekspektasinya atas berbagai muka tersebut.

Di sisi lain, apa yang gue dapet ini juga membuat gue ngerefleksiin ulang makna menjadi diri sendiri. Menjadi diri sendiri berarti kita hanya punya satu orang untuk dipenuhi ekspektasinya, yaitu diri kita sendiri. Menjadi diri sendiri harus dilakuin dengan berani menjadi mengecewakan, dan pada akhirnya menjadi satu cara untuk menjadi tidak mengecewakan.

Untuk nutup tulisan ini, ada satu harapan untuk tahun baru; semoga aku cukup berani untuk menjadi diri sendiri. Satu tahun lagi akan kunanti dengan tangan terbuka, segala perjalanan, pertemuan, dan kehilangan yang mungkin akan dibawanya.

Share:


Featured Posts

Stories about my experiences, projects, and thoughts.

Cover Image for Tentang Marah

Tentang Marah

Posted on

Beberapa kali aku mendapat pertanyaan ajaib "Lu pernah marah ga Kev?"

Cover Image for UX Case Study - Creating an Intuitive Search Mechanism for an Online Job Fair Platform

UX Case Study - Creating an Intuitive Search Mechanism for an Online Job Fair Platform

Posted on

This UX Case Study is taken from my experience in working at COMPFEST 14 to create the UI/UX Design of COMPFEST 14's Job and Intern Fair.

Copyright © 2024 JVK. All rights reserved.